Selasa, 17 Februari 2009

Sekilas tentang Benih Cendekia (Promosi ..?)


VISI

Membudayakan gemar belajar (membaca, menulis, berapresiasi) yang aktif, kreatif dan bermoral dikalangan anak-anak dan remaja

MISI
  1. menjadi fasilitator bagi anak-anak dan remaja untuk menggali kreatifitas dan membudayakan membaca sebagai kebutuhan
  2. menjadi fasilitator pendidikan alternatif yang menekankan pada pendidikan moral dan sikap mental positif di kalangan anak-anak dan remaja.

PROGRAM

Dalam aktifitasnya, sanggar Baca dan Kreatifitas Anak dan Remaja “Benih Cendekia” mempunyai agenda belajar sebagai berikut

A. Program Inti (untuk anak dan remaja)

1. Sanggar Baca

Merupakan program yang memberi keluasan pada anak-anak dan remaja untuk datang dan membaca apa saja yang mereka minati di perpustakaan mini yang sedang dirintis.

2. Sanggar Ekspresi Visual

Merupakan program untuk melatih daya imajinasi, melatih kepekaan dan kejujuran ekspresi anak-anak dan remaja terhadap apa yang mereka rasakan terhadap lingkungannya, keluarga, dirinya sendiri dengan menuangkannya dalam : karangan bebas, puisi, menggambar, mewarnai.

3. Sanggar Cerita Dan Diskusi

Merupakan salah satu upaya untuk menanamkan nilai-nilai aqidah dan akhlak dikalangan anak-anak dan remaja melalui media cerita dan diskusi dengan teman sebaya (peer group). Output yang diharapkan adalah anak-anak dan remaja menjadi terbiasa untuk mengemukakan pendapat, menghargai pendapat orang lain dan mengetahui alasan dari setiap perilaku yang diambil. Program ini Insya Allah dilakukan setiap hari Ahad pukul 16.30-17.30

4 Free Day

Merupakan program “hari bebas” untuk anak-anak yang Insya Allah akan dibimbing oleh para volunteer. Mereka dapat memilih untuk membaca dan bermain apa saja, menulis, menggambar, berpuisi, dsb. Program ini kami laksanakan pada hari Ahad pukul 08.00-16.00. Dengan program ini kami juga mengusahakan untuk menjalin silaturahmi dengan orang tua

5. Ngobrol Santai Remaja

Merupakan program dwi mingguan yang membahas masalah-masalah seputar remaja. Insya Allah akan dilaksanakan berselang-seling antara remaja putra dan putri ataupun bersamaan. Dilaksanakan secara mandiri (oleh sanggar) maupun bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Tema yang dibahas menyesuaikan kebutuhan para remaja.

6. Ajang Kreativitas Seni

Merupakan ajang bulanan (kondisional) yang memamerkan karya anak-anak dan remaja dan juga unjuk kreatifitas di depan teman-teman, para volunteer, dan orang tua sebagai pengakraban dan menumbuhkan semangat untuk berprestasi dan melatih percaya diri.

7. Program Penulis Pemula

Program ini kami fokuskan pada remaja (usia 15-20 tahun) yang berminat untuk mendalami dunia jurnalistik. Program ini Insya Allah akan bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Solo.

8. Kreatifitas daur ulang

Program ini ditujukan untuk mengasah ketrampilan dan menggali krfeatifitas anggota dengan memanfaatkan barang-barang bekas disekitarnya. Program ini dalam jangka panjang bertujuan untuk dapat memberikan kontri busi riil dalam kemandirian ekonomi sanggar dan anggotanya terutama untuk para remaja putus sekolah.

B. Program Penunjang

Merupakan program yang ditujukan pada para orang tua atau wali. Program ini dilakukan sebagai tambajan wacana dan bekal bagi para orang tua dalam mengasuh dan membimbing putra-putrinya di rumah, sebab pendidikan utama selalu DIMULAI DARI RUMAH.

Insya Allah setiap satu bulan sekali kami akan mengundang para orang tua anak-anak dan remaja yang menjadi pengunjung sanggar baca untuk berkumpul dan berbagi pengalaman mengasuh anak-anak mereka. Dengan program ini diharapkan data menjadi sarana untuk saling menerima diantara para orang tua.

METODE

Metode belajar aktif dan partisipatoris dengan menekankan pada pendidikan moral, penguatan aqidah dan kesadaran perilaku, merupakan pilihan metode yang kami gunakan untk mengelola sanggar baca dan kreatifitas anak dan remaja “Benih Cendekia”

SARANA-SARANA PENUNJANG

Perpustakaan Mini Non Komersial

Merupakansarana yang sangat vital bagi terlaksananya seluruh program yang kami tawarkan. Perpustakaan mini ini kami rintis sebagai perpustakaan non komersil, artinya tidak memungut biaya untuk mendapatkan laba secara financial.

Media Belajar

Merupakan sarana pendukung bagi setiap kegiatan-kegiatan yang membutuhkan partisipasi aktif para peserta untuk dapat berekspresi dan belajar secara aktif. Misalnya kertas/buku gambar, kertas lipat, pensil warna, spidol, buku tulis, metaplan, berbagai gambar dan permainan yang mendidik dan kreatif, dsb.

Tempat

Secara ideal, semestinya sanggar dibuat dengan desain tempat yang lebih luas dan benar-benar dapat menunjang keleluasaan anak-anak di sanggar kami dengan nuansa yang nyaman. Namun dengan keterbatasan tempat dan dana yang kami miliki, hal itu belum dapat diwujudkan

VOLUNTEER

Dalam mengelola sanggar, kami sangat mengharapkan partisipasi dan dukungan dari teman-teman mahasiswa, para laki-laki dan perempuan yang peduli terhadap permasalahan moral, pendidikan dan dunia anak/remaja dari berbagai disiplin ilmu.

Kami akan menerima dengan senang hati kerjasama dan keinginan siapapun untuk dapat bergabung menjadi volunteer di sanggar yang baru saja kami rintis ini. Adapun volunteer yang kami butuhkan adalah teman-teman yang berminat atau concern dalam bidang :
  • Pendidikan
  • Traning remaja
  • Psikologi
  • Kesehatan
  • Seni dan Sastra
  • Kerajinan tangan
DONASI

Mengingat sanggar ini benar-benar merupakan usaha non profit yang lahir dari sebuah keprihatinan untuk melakukan sebuah upaya perbaikan moral, mental dan mendidik kreatifitas anak dan remaja, maka kami berupaya untuk mengusahakan pembiayaan operasional dari diri kami masing-masing, seoptimal yang kami bisa.

Untuk itu, kami mengetuk nurani semua pihak yang berminat dan bersungguh-sungguh untuk mendukung kami dalam mengusahakan sarana dan prasarana yang mendukung usaha sanggar ini dalam mewujudkan cita-cita. Bentuk partisipasi/dukungan dapat berupa :

1. buku-buku pelajaran SD-SMA
2. buku cerita anak (pra TK) bekas-baru
3. majalah remaja Islam (Annida, Permata, Elfata,dsb)
4. novel Islami atau cerita-cerita yang mendidik (bekas/baru)
5. buletin remaja, bundel majalah
6. buku pengetahuan umum tentang pendidikan
7. alat-alat tulis
8. Alat-alat ketrampilan

Donasi finansial dapat disalurkan melalui rekening :

a.n Robiah Al-Adawiyah, BNI CABANG PASAR KLEWER No. Rekening : 280 2248-9

Dukungan juga dapat berupa kerjasama keilmuan, pelatihan dan sebagainya yang tidak mengikat selama sejalan dengan tujuan sanggar ini.

PENGELOLA

Ketua : Robi’ah al Adawiyah, SH
Sekretaris : Sofia Ningsih R.P.,S.IP
Bendahara : Wiwin Lestari, ST
Divisi Pengembangan : Andina Widiastuti, S.Ked
Lena Prihantari, S.Pd
Riana Kusumasari, A.md

Tidak ada komentar:

Posting Komentar