Senin, 09 Agustus 2010

Tetap Puasa Saat HAmil dan Menyusui? BISA!

      Tetap Puasa saat Hamil dan Menyusui? Bisa!
     Ramadhan esok hari . Gegap cita menyemai amal dan meraih keberkahannya semarak bergema. Laki perempuan, anak-anak lebur dalam semangat menyambutnya. Nah, ini topik yang ringan sebenarnya. Beberapa sahabat  share dan  nanya ke saya dengan nada pengen, cemas, ada juga yang semangat tentang bagaimana tetap berpuasa sementara mereka saat ini sedang hamil atau menyusi. Sebenernya sih, banyak juga kok tulisan dari yang emang ahlinya tentang topik ini. Tapi, dengan segala kerendahan hati dan tanpa bermaksud menggurui, saya tulis catatan ini sekedar berbagi pengalaman. Boleh ya sob....
      Selama hampir lima tahun jadi ibu, Alhamdulillah saya bertemu dengan Ramadhan pas dengan saat-saat saya hamil ataupun menyusui ketiga anakku. Luar biasa, Alhamdulillah lagi, saya berhasil melampuinya dengan full 30 hari   kecuali saat hamil anak pertama, saya terpaksa membatalkannya sehari. Saat itu H-2 menjelang lebaran dan saya nyaris lemas karena kecapekan mempersiapkan mudik ke Kudus di siang hari ( hfff...usia kehamilan 7 bulan boo’. Itu badan udah mulai-mulainya panas en berat) tapi syukurlah, saya manfaatkan rukhshoh (keringanan Allah) dan melanjutkannya puasa kembali.
      Dari pengalaman hamil dan menyusui dengan tetap menjalankan ibadah di bulan istimewa ini, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi motivasi buat soabt-sobat perempuan semua (yang udah emak-emak, hampir jdi emak-emak atau para lajangers)
Pertama, MOTIVASI dan NIAT yang kuat dan Lurus
      ini penting bangetz. Banyak sekalai daiantara kita yang saat ini hamil atau menusui kalah sebelum bertanding. Merasa gak kuat, khawatir sama janinnya, ntar gimana dooong kalau kenapa-kenapa, ntar kalau ASI jadi encer dan gak berkualitas gimana?. Hm... gak bisa disalahin juga sih. Tap, gimana kalau muali tahun ini kita ubah paradigma bahwa kita BISA menjalankan ibadah ini dengan kondisi hamil dan menyusui.
      Sekali lagi kalau aku dulu sih simple sist. Aku cuma pengen memberikan pelajaran ubudiyah pada calon bayi dikandunganku. Kebetulan, selama ini emang saat puasa usia kehamilanku selalu masuk trisemseter ketiga ( anak pertama pas 7 bulan, anak kedua malah asyik banget. Heheh aku udah hamil 9bulan! bahkan dokter kandunganku sempet ngasi aku penguat rahim karena H-1 aku mudik ke Kudus padahal udah dekeeet banget sama HPL, dan akhirnya dengan udah persiapan sejak dari Solo bakal lahiran di kota suami, hari ketiga lebaran lahirlah si Salma Haniyya di kota kelahiran abinya. Anak ketiga, aku puasa full tahun kemaren saat itu kandunganku masuk 8 bulan dan kini jagoan kecilku usianya 7bulan pas besok pagi, sehari menjelang puasa tahun ini hehehe)
      Balik ke niat ya prend (halah ngitung2 kandungan sih). Aku mikir aja, kalau aku puasa, insya Allah aku bisa mengajarkan nilai spiritual sejak dari kandungan, aku juga pengen memanfaatkan waktu-waktu yang luar biasa karena kita gak mens hehehe jadi kan bisa optimal ibadah. Pokoknya ternyata motivasi  dan niat kuat itu bener-bener manjur !
Kedua, Tetap Mempersiapkan Fisik & Tanya Ahlinya
      Semangat tapi tidak nekat. Kalau saat ini sist  yang lagi hamil or menyusui  mau puasa, tetap jangan abaikan persiapan fisik. kalau hamilnya masih mudaaa banget spertinya dokter kandungan gak bakal ngijinin karena kandungan 1-4bulan emang janin lagi butuh banget nutrisi yang optimal untuk pembentukan. Apalagi kalau riwayat kehamilannya ‘rewel’ hehehe. Kalau aku sih alhamdulillah sehat n bandel aja tuh waktu hamil. Gak pake ngidam n muntah2 begetoo.
      Tapi kalau kehamilan udah lima bulan keatas, ibunya sehat, janin juga sehat, kayaknya oke-oke ajah. Begitu juga waktu menyusui, sebenarnya gak masalah lho! Asal kita lihai aja mensuplai dan cukup stok  ASI berkualitas dan berkuantitas. soal ini ntar ya tipsnya. Bole juga kita baca-baca dari banyak web tentang kehamilan dan puasa. Buat yang udah 8bulan puasa malah bikin sehat menurutku kan bayinya jadi gak gedhe hehe (asal bukanya jangan segelas BUESAR es SIROP selama sebulan ya)
Ketiga, Nutrisi yang cukup dan berkualitas
      Saat saya hamil dan menyusi, saya sangat memperhatikan menu buka dan sahur. Vitamin, mineral, karbohidrat, air dan serat harus terpenuhi. Sebab kita akan membaginya dengan anak. Tapi bukan lalu kita tak terkenadli lho. Banyak yang lebih ahli menjelaskan tentang ini. Prinsipnya aku gak ‘wegah’ atau rewel soal makanan sehat. Pantang bagiku pilih-pilih makanan yang udah jelas-jelas sehat buatku  dan anakku. Susu, sayur, buah dan suplemen dari doketr tertib ku konsumsi
Menjaga Kualitas dan Kuantitas ASI
      Ini untuk sister yang menyusui. Mungkin banyak yang khawatir gimana dong kualitas ASI kalau dipake puasa?Ntar sedikit, ntar gak cukup. Kalau aku sih pake strategi ‘nyetok’ hehe maksudnya punya cadangan ASI Perahan selama bualn puasa hehe dan soal menyimpannya juga gampang, kok!
      Sebenarnya kan puasa itu hanya mengendalikan makan dan mengganti waktunya tho? Nah, kalau pengalamanku, selama kita cukup nutrisi dan sedikit ‘cerdik’ menyiasati, bayi kita oke-oke aja tuh. sekali lagi, ini masalah motivasi lagi. Apakah kita ingin memberikan ASI secara optimal atau tergoda dengan susu formula. Kalau aku, Alhamdulillah ketiga anakku full ASI ekslusif 6 bulan. Pas masuk bulan ketujuh baru kuperkenalkan MP ASI (Makanan Pendamping ASI) dan khusus yang ketiga ini SAMA SEKALI tidak aku perkenalkan susu formula. Kakak-kakaknya udah telanjur  kuperkenalkan sufor tapi sekarang ku stop dan kuganti susu murni dan dari makanan padat yang cukup kalsiumnya.
Tips menjaga kualitas en kuantitas ASI  selama puasa gini jeng, setelah berbuka  dan sholat magrib, susui bayi kita dengan kualitas yang bagus tuh (kan habis buka) nah biarkan dia puas minum ASI nya. Pokoknya kalau masih masa 1-6 bulan (belom dikasih makanan tambahan) biar aja bayi menyusu sampe puas. Nah, sekali lagi kalau saya lho, biasanya menyempatkan ngemil kacang-kacangan atau sayur stelah sholat magrib dan setelah menyusui ( biarin aja, ibu  menyusui. Tapi jangan kolak n yang manis-manis) tujuannya, agar selama isyak sampai tarawih bahkan sampe menjelang sahur  kita ‘produksi’ ASI lagi.
 Nah, setiap kali ASI kita penuh dan bayi tidak ingin minum, kita peras ASI jam-jam itu atau menjelang sahur trus kita simpen di botol-botol , kantung ASI atau wadah kedap udara yang steril dan aman ( soal penyimpanan ASI banyak   tips di web tentang breastfeding) jangan lupa beri nomor setiap perahan. Apa gunanya? ini untuk stok saat esok hari  kita berpuasa, kita berikan pada bayi jika kebetulan ASI kita terasa kurang disiang hari nya. Begitu juga setelah sahur, susui bayi kita dengan kualitas yang terbaik setelah sahur. Makanya, makan dan minum saat sahur dan buka jangan sembarangan. Demi ASI.
      Kalau bayi udah makanan makanan tambahan wah itu lebih mudah lagi saat puasa. Tinggal dijadwal aja makannya dan diberikan MP ASI yang  bergizi. Insya Allah bayi kita kan kooperatif. Kuncinya telaten, istiqomah!
Tambahan: Memanfaatkan Rukshoh FIDYAH dengan Benar
      Memang sist, ada keringanan (rukhshoh) fidyah yang bisa dimanfaatkan untuk orang yang sakit menahun, hamil atau menyusui. Yaitu dengan membayar fidyah (memberi makan orang miskin atau membayarkan sejumlah uang setara dengan jatah makan kita dalam sehari). Tapi, mari kita memanfaatkan rukhshoh ini dengan motivasi/ niat yang benar dan bukan karena kita malas.
      Ada yang menanyakan pada saya, bagaimana kalau bayar fidyah aja, toh ntar kalu ramadhan tahun ini hamil, tahun depan menyususi, mana sempet nyaur utang puasa??? Hehehe kalau saya sih tidak mau berspekulasi. Fidyah bisa dibayarkan atau digunakan jika memang kita benar-benar payah dan kesehatan kita atau janin terancam misalnya pada kehamilan trisemster pertama atau dengan rekomendasi dokter yang terpercaya. Makanya, sekedar pengingatan saja, mempergunakan keringanan dari Allah adalah sunnah, tetapi jika kita tidak memiliki niat yang lurus dan karena agak-agak males bayar puasa dihari setelah Ramadhan, yah…lurusin lagi deh.
Well…. Selamat Datang Ramadhan
Semoga dengan niat yang kuat dan ilmu yang cermat, amalan kita makin semangat! Salam inspiratif!
Solo 10 Agustus 2010

3 komentar:

  1. terimakasih sharingnya! menjadi booster semangat untuk saya berpuasa sambil menyusui, ini tahun ke-3 saya bertemu ramadhan dalam kondisi hamil/menyusui. Tahun pertama saya menyusui, saya pilih fidyah karena belum tau triknya untuk stok ASI, taun ke dua fidyah 2 minggu karena hamil trimester pertama, dan taun ini menyusui lagi. Tapi taun ini ternyata ruh saya menuntut untuk berpuasa, jadi saya niatkan berpuasa:)
    semoga coretan anda menjadi amal hingga akhir jaman. amin

    Vitri

    BalasHapus
  2. @vitri:amiin..trimakasih ya mbak, semoga Ramadhan kali ini benar-benar menginspirasi kita untuk bersemangat :)

    BalasHapus
  3. bagi2 hadiah dan kartu kredit UOB buana gratis.cash back 20 % di spbu,supermarket,tagihan2,dll
    UOB Buana adalah bank asing dari singapore yang ada di indonesia.
    dimana UOB Buana adalah bank nomor 1 di Singapore.
    Disini saya hanya mencoba memberikan Jasa Pembuatan Kartu Kredit dari Bank UOB Buana dengan Syarat yang Mudah,Gratis,dan banyak Promo2 dan diskon2 nya dengan Proses yang Cepat !!!

    ada 3 jenis kartu kredit UOB buana yg saya tawarkan=
    1.[B]GOLD (ONE CARD).[/B] limit 5-100 juta
    kartu ini dilengkapi oleh visa paywave untuk pembayaran yang mudah,cepat dan aman. ada promo CASH BACK 20% di semua supermarket,di semua spbu,dan tagihan bulanan (listrik,pam,telepon) melalui UOB bill pay
    promo lainya adalah cash back 20% di oh lala cafe, cash back 15% di toko buku kinokuniya,cash back 5% di outlet ibox,eStore,selular shop.
    lalu buy 1 get 1 free entrance di X2,EGO,EQUINOX.

    2.[B]GOLD[/B] limit 5-100 juta
    diskon di restaurant2 up to 30% di beberapa daerah seperti jakarta,bandung,surabaya,medan
    cicilan bunga 0% untuk mobile phone,gadget,furniture,electronic,jewellry,health care,car accessories,education,camera,dan home appliances.

    3.[B]PLATINUM[/B] limit 20-200 juta
    diskon di restaurant2 up to 50% di beberapa daerah seperti jakarta,bandung,surabaya,medan
    cicilan bunga 0% untuk mobile phone,gadget,furniture,electronic,jewellry,health care,car accessories,education,camera,dan home appliances.
    [B]
    kelbihan dan keuntungan keuntungan memakai UOB buana adalah[/B] =
    1.mendapatkan diskon2 di ribuan merchant di singapore
    2.kurs rendah untuk setiap pembelanjaan di singapore
    3.mendapatkan 1 poin reward setiap transaksi sebesar rp1000,00 (GOLD)
    4.mendapatkan 2 poin reward setiap transaksi sebesar rp1000.00 (PLATINUM)
    5.miliage program = poin dapat ditukarkan untuk terbang ke beberapa negara, minimum 2500 untuk perjalanan 100 mileage(PLATINUM)
    6.travel insurance=asuransi perjalanan diberikan kepada pemegang kartu kredit UOB buana sampai 1 milyar.(PLATINUM)
    7.UOB flight center = reservasi dan pembelian tiket perjalanan melalui call center UOB,bebas biaya
    8.UOB regional privileges = diskon merchant2 di indonesia,singapore,malaysia,hongkong,dll
    9.free airport lounge (PLATINUM)
    10.UOB bill pay = kemudahan pembayaran tagihan bulanan dengan otodebet ke kartu kredit UOB anda
    11.UOB Flexipay = belanja dengan cicilan ringan 0% di berbagai merchant hingga 24 bulan
    12.UOB balance tranfer = dapat memindahkan saldo kartu kredit bank lain ke kartu kredit UOB buana
    13.UOB credit ptotection = asuransi dari prudential
    [B]
    syarat-syarat untuk mengajukan kartu kredit UOB buana[/B] =
    1. fotocopy / scan KTP
    2. fotocopy / scan kartu kredit bank lain.
    -minimal limit kartu kredit bank lain 5juta(GOLD,GOLD ONE CARD), 20 juta (PLATINUM)

    [B]bagi yang tidak mempunyai kartu kredit atau syarat nomor 2 belum terpenuhi bisa memakai[/B] =
    1.SLIP GAJI asli
    2.Surat Keterangan Penghasilan / Gaji asli
    3.SIUP
    4.NPWP
    5.Rekening tabungan 3 bulan terakhir
    untuk pengajuan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085859467928
    blog herbalmodern.blogspot.com facebook saitoserigala@gmail.com
    untuk pengiriman di luar wilayah semarang bisa lewat email scan di rooly88@gmail.com
    Telephone
    (024) 7608791
    Facsimile
    (024) 7608723

    BalasHapus