Rabu, 26 Januari 2011

Klappetaart

Awalnya mau bikin kue lumpur buat snack pengajian abi semalam. tapi kok pas googling resep udah lama pengen nyoba Klappetaart, penasaran aja pernah liat di Bandung kayaknya menggoda. Banyak versi resep dan aku pilih aja yang paling simple. Trus ternyata ada dua jenis yang langsung makan disendokin di mangkuk-mangkuk kecil tahan panas, n yang bisa ’dipotong’ alias pake roti tawar. Yang pertama itu emang lebih creamy aja. aku nyoba dua-duanya. pertama gak aku kasih roti tawar , yang kedua karena terlalu lembek dan pengen bisa dipotong makanya aku tambah roti tawar disobek-sobek J trus topingnya yang kedua aku tambah keju. ah trus aku masukin lemari es hmm...lumayan ahsilnya ,meski agak kemanisan.

            Resepnya pake yang paling simple aja ya frend karena banyak versi. Trus maaf.. mau upload foto gak bisa nih. aku pake foto ilustrasi aja nih dari blog Abby's kitchen  biar ngerti aja bentuknya. kurang lebih beginilah.Meskipun punyaku pake pembakaran alternatif alias gak punya oven. hehe. Selamat mencoba!

Bahan :
200 gr kelapa muda, kerok
8 lbr roti tawar tanpa kulit, robek2
300 cc santan/ susu murni
½ sdm maizena/ tepung custard
2 btr telor
3 sendok makan gula
1sdt kayu manis bubuk/ aku pake kayu manis batang hee yang aku rebus barengan susu dan gula
Seujung sendok (dikit ajah) garam
Kismis untuk taburan secukupnya
Kenari secukupnya (optional)
Cetakan anti lengket
Loyang persegi panjang (loyang untuk bolu gulung/ kukis)

Bahan Topping:
  • 200 cc putih telur
  • 250 gr gula pasir
  • kismis atau keju leleh.cheddar (optional)

Cara buat :
1.       campur semua bahan diatas kecuali kismis dan kenari, aduk2 bahan hingga rata
2.       semir cetakan dengan mentega
3.       masukan adonan kedalam cetakan, lalu taburi beberapa kismis dan buah kenari
4.       siapkan loyang persegi, beri air secukupnya, lalu simpan cetakan yang sudah diberi adonan diatasnya (jadi cetakannya direndam air gitu lho..)
5.       panggang dengan api besar hingga matang
6.       keluarkan dari cetakan
7.       lebih enak disajikan dingin2
8.       met nyoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar