Sabtu, 26 Februari 2011

Carang Pedopo: Kreasi Lain dari Pisang

       Ini makanan selingan tapi berkalori tinggi. Pertama kenal makanan ini di Kudus, lagi-lagi pas awal nikah. Ibu mertua bikinnya sepanci besar.Hayah. Saya sih awalnya mbatin ini sih di Solo namanya carang gesing, cuman dibungkusin dan lebih padet kalo disolo. Tapi suamiku gak setuju.Yo wesss. Yang jelas ini dibilang kolak ya...bisa wong berkuah, tapi kalo dipadatkan jadi carang gesing hehe.Karena Mr.Hatta suka sekali aneka makanan berbahan pisang, maka sore ini kuputuskan membuat makanan ini. Menyambutnya pulang dari Jogja sore ini. Okay pulang dari nganter outbond si Salma, mampir warung masih dapat pisang kepok kuning, kubuat bat bet bat bet setelah selesai masak garang asem untuk makan siangnya. Siap deh. Tinggal posting resep. Met nyoba!!

Bahan
Pisang kepok kuni satu sisir atau pisang tanduk. Aku menghindari pake pisang raja, kadang malah sepet
Santan 1 liter ato lebih sesuai selera (aku pake 2 Santan KARA dicampur 5 gelas air  hari ini karena males meres. Meskipun menurutku kurang sedap sebenarnya)
Air /Santan encer 200cc
Kayu manis 2x 10cm
Cengkeh 5butir
Telur 1butir, kocok
Garam secukupnya
Vanilli secukupnya (boleh gak pake)
Gula merah 150gr
Gula pasir sesuai selera, penguat rasa aja

Cara Buat:
1. Potong pisang kecil kecil jangan terlalu tipis
2. Rebus pisang dengan air/santan encer, kayu manis, cengkeh, gula jawa, sampai lunak dan gulanya lumer.Api sedang.
3.Tambahkan santan sambil diaduk agar tidak pecah, kecilkan api. Tambahkan vanili, garam dan gula pasir sampe rasanya pas.
4.Saat hampir mendidih, masukkan telur kocok sambil terus diaduk, hingga telur terlihat berserabut
Hidangkan dingin lebih segar.

tips masakan 'daur ulang' hehe: kalau kuah dari makanan ini atau makanan ini sisa , dapat diolah jadi lebih smoothi. Caranya, tambahkan santan sangat kental, tepung terigu/ maizena cair, panaskan, aduk dan cetak dimangkuk, diinginkan.Yummy.Selamat mencoba, semoga bisa jadi  jajanan akhir pekan

2 komentar:

  1. mba, kalo dingin jadi agak amis gak karena tambah telur? ini kan kolak pake telur ya berarti? baru tau loh aku.. amazing :)

    BalasHapus
  2. enggak nun, cara biar gak amis, telurnya kocok dulu ditempat alin ,trus pas si kolak ini mendidih, kau ambil satu sendok sayur, masukkan ke kocokan telur tadi, barulah dicampur di yang banyak ituuuh. hehe. oke met nyoba

    BalasHapus