Jumat, 20 Mei 2011

OPOR AYAM SUNGGINGAN : Opor Unik Kota Kretek

Selasa pagi yang lalu, kami menghirup udara pagi dikota mertua :Kudus, setelah Senin siangnya agak nekat juga berangkat dengan ‘paket kecil’ untuk kedua kalinya. Ya, hanya saya, suami dan si bungsu.Nekat karena kami hanya dua hari, menuruti rasa kangen pada ibu dan bapak, nostalgia ke Kudus dengan bis. Meminjam motor Bapak,  menyusuri kota kecil ini membuat kami selalu ingat masa lalu manten anyar. Saya yang hanya tau bahwa kami mau mampir di Panjunan, tempat jajan pagi di Kudus tak menyangka suami membelokkan arah ke warung yang sudah lama  membuat kami ‘penasaran’ . Bahkan suami saya yang asli Kudus belum pernah mampir , Warung Opor Ayam  Sunggingan. Tapi sesampainya disana belum buka penuh. Pelayan belum siap katanya. Kata supir becak yang mangkal didekat situ “jam 6.35 mas bukanya “ haha hapal benar dia. Baiklah…. Kami mengisi waktu menunggu dengan berkunjung sebentar ke rumah budhe dan tantenya suami

Pas saat perut lapar kami kembali ke Warung Opor Sunggingan dan …sudah penuh antrian. Sebenarnya kunjungan  ini niat banget saya pakai bahan nge-blog hihihi. Selain itu, kabar enak  sudah santer terdengar sejak beberapa kali selama saya jadi istri orang Kudus (kebangetan baru kesampaian mampir). Apalagi saat tetangga ibu yang kebetulan mampir dan tengah dikunjungi si Bango selera nusantra wkkk ibu mertua saya tambah santer promosinya. Recomended gitu maksudnya. Karena saya dan suami  punya kesimpulan : Jangan mampir makan ditempat-tempat yang belum teruji dan direkomendasikan, kecuali emang niat jadi penglaris dan siap kecewa dengan harga dan rasa.hahaha Baiklah akhirnya kamipun masuk ke warung makan yang hommi itu .

Saat duduk, hal pertama yang unik kami lihat dari si pelayan yang tadi bikin kami menunggu. Dua bapak berpawakan tinggi kurus dan berpawakan sedang, berpakaian rapi, baju dimasukkan, sisiran rapi  standby di meja layan makanan. Hahaha.Salah satunya berbekal gunting ditangan, memotong cekatan daging ayam. Cethak cethek cethak cethek lincah sekali . Lalu sambil melihat kearah kami salah satunya berkata “doble ya Om?” suami saya mengangguk. Saat jatah suami saya datang, naluri kuliner saya segera meneliti konten si Nasi Opor. Suami yang tanggap dengan rasa lapar sayapun mengalah “Umi duluan deh” hihihi lalu si pelayan Tanya lagi “ibunya juga dobel?” saya main angguk aja. Hmmm… maksudnya dobel tuh porsinya. Kalo ‘single’ emang agak sedikit.

Langsung saya menemukan hal unik soal tampilannya. Opor sunggingan ini terdiri dari nasi gurih pulen (tapi gak terlalu gurih), tahu potong kecil-kecil yang lebih mirip dibumbu kecap agak pedas, daging ayam, dan kuah opor diatasnya. Nah, mungkin ini yang bikin khas dan unik : dagingnya yang dipanggang. Lho??

Iyya, jadi pembaca  –izinkan saya sok tau dan sok bergaya pak Bondan atau presenter kuliner di tipi-tipi yang sok-sok ‘menikmati’ suapannya- menurut saya ini ayam kampungnya di bumbu opor dulu sampai empuk dan meresap ( seumur-umur saya ke Kudus, TIDAK PERNAH saya bertemu dengan masakan ayam yang pake ayam boiler, kata ibu mertua saya disini hamper gak ada ayam potong, jarang. Pantees suami saya agak ilfil karena di Solo kebalikannya : ayam kampung harus pesan). 

Naaaah si daging ayam yang udah dimasak empuk  itu kemudian dibakar sodar-sodara, lalu saat dihidangkan diatas nasi, dipotong kecil-kecil pake gunting  (biar cepet kali ya), lalu diguyur kuah opornya yang warnanya putih bukan kuning, rasanya murni gurih. Masakan ini gak manis, jadi emang sip bagi yang gak begitu suka manis. Rasa manis diambil dari tahu masak kecap tadi. Lalu, seperti makan lentog (ini kapan-kapan ya liputannya) dimakan sambil nyeplus lombok rawit ijo yang udah dikukus/rebus. Jadi gak pake sambel. Oiyaaa satu lagi : dimakannya pake suru (sendok dari daun pisang yang dilipat) tapi saya pake sendok ajalah sambil nyuapin si kecil. Perpaduan ayam panggang dan kuah opor itu yang bikin unik kali ya. Sedikit ngelantur, kok saya jadi inget pernah bikin ayam taliwang yang dioles bumbu santan, kemiri, terasi tapi udah dicampur sambal pedas lalu dibakar. Hmmmm. Kok cepat sekali ya habisnya hiihi maklum sudah nahan lapar.

Alhamdulillah, sarapan yang lumayan lezat, plus dapat bahan postingan untuk blog. Oh yaa untuk harga, nasi opor ini dihargai sekitar Rp.8000 – Rp.15.000 tergantung porsinya tadi, doble atau single J.Diperjalanan pulang, saya bertemu dengan warung pinggir jalan yang membuat ‘spanduk’ Nasi Opor Ayam Panggang. Hehehe saya nyeletuk pada suami “Tuh bi, bener kan udah ada kompetitor-nya sunggingan mungkin dengan harga kaki lima. Opor Ayam panggang “.  Sayapun begitu , sudah niat nyoba juga dirumah. Begitulah traveling note saya di Kudus pekan ini. Jika berkesempatan ke kota Kretek, silakan mampir di Jalan Nitisemito no 9-12. Mungkin bisa jadi alternatif sarapan selain lentog dan soto Kudus. Salam Inspiratif!

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum, salam kenal mba, he he he, emang opor so sunggingan uweenak mba, sdh cobain makanan kudus yg lain belum? bisa diceki-ceki di blog saya di www.ayowisatakuliner.com , saya asli kudus, jd msh suka dan kangen dengan makanan khas dan yg enak di kudus :)

    BalasHapus