Jumat, 20 Mei 2011

Okonomiyaki : satu lagi cara 'menyembunyikan' sayuran

Melihat acara TV champion2 di MNC TV jadi aktivitas saya tiap sore bersama anak-anak.Awalnya tidak sengaja tapi saya suka. Tiap hari ada kreasi-kreasi kreatif dari orang-orang Jepang dalam menghasilkan karya unik. Ini pelajaran bagi anak-anak, juga saya. Tak jarang saya mempraktekkan acara 'mbuat-mbuat' (kata anak-anak menyebutnya) itu.

Seperti bebrapa edisi yang lalu adalah lomba membuat okonomiyaki ,  makanan Jepang yang terdiri dari campuran tepung, air, dashi (kaldu) dan rupa-rupa isi (terutama kol/kubis) serta topping. Yaah ada yang nyebut pancake jepang. Lha saya, pertama embuatnya jadi kayak bakwan hehehe. Saya langsung googling aja biar tau artinya. Karena, Maura itu sering nanya-nanaya kenapa makanan dinamakan ini itu. Hff...Ternyata, Sejarahnya, okonomiyaki dibuat oleh pelaut Jepang yang pengen makan pizza kayak di Italia. Trus lagi, ternyata kata okonomi artinya suka-suka. heheh mungkin karena isinya suka-suka ya mau kita kasih apa , sedang kata yaki  artinya dipanggang dengan sedikit minyak. Dan ada dua cara.Kalau daerah Kansai, kubisnya dicampur jadi satu, kalau daerah Hiroshima, kubis ditarus diatas adonan sebelum dipanggang. Hmm...

Nah, bagi saya sendiri, makanan ini bisa jadi cara baru menyembunyikan segala macam sayuran dan membersihkan 'sisa' bahan makanan yang ada dikulkas. Karena pancake dan kue dadar sudah jadi alternatif sarapan pagi, maka bahan-bahan lumayan ada.Makanan begini nih yang biasanya jadi pilihan saat saya kemrungsung atau ada acara pagi hari sementara saya tidak punya banyak waktu untuk menyediakan sarapan yang pating clekenik. Bisa untuk selingan, snack untuk mengganjal. Atau jika memang diniatkan untuksarapan, tambahkan bahan berkalori dan berserat.Ubi jalar bisa dikukus, dilumatkan dan dicampur. Selain jadi lebih 'berat' teksturnya jadi lembut.
Bahan
Kol/kubis iris tipis, atau cincang kasar
kentang, parut atau iris tipis (kalau mau dicampur diparut kasar pake parutan keju, kalau mau dipakai toping, iris tipis aja)
wortel
kapri
umbi jalar kukus,parut.
bakso/sosis/daging cincang/ebi/dll
tepung terigu 10 sdm
air 1/2 gelas atau air kaldu
keju parut (bisa dicampur atau untuk toping)
Telur (kalau mau seperti sponge, pisah putih dan kuningnya, setelah semua bahan tercampur,kocok putih telur sampai kaku, campurkan sebelum dipanggang)
baking powder 1/2 sdt
garam 1/2 sdt
saus tiram secukupnya dicampur dengan saos tomat (dan sambal jika ingin pedas)
Cara Buatnya
1. Campur rata semua bahan, jika kubis ingin dibuat toping, taburkan saat bahan sudah dituang diwajan datar atau teflon
2.panggang dengan apisedang dan sedikit minyak/margarin bolak bali sampai matang rata
3.oleskan dengan campuran saos tiram dan saos tomat, semprotkan mayonaise, taburi keju jika suka
4.Hidangkan saat fresh from oven :)

2 komentar:

  1. mbak vida, kemarin aku dapat saran : kalau masak untuk di rumah, lebih baik free from aditif stuff seperti baking soda, sp, dsb.

    juga untuk sosis dan bakso. pengawetnya rada berbahaya

    *habis beli bukunya Wied Harry soalnya :)))

    makasih resepnya ya. dicoba ah suka-suka :)))
    eh itu kayak omelet telur isi sayur aja kan ya?
    hmm oke oke, saat ini juga dicoba. punya sawi daging, wortel impor dan telur. goo to dapuuurrrr

    BalasHapus
  2. alhamdulillah diingatkan mbak Orin. hihi iya untuk MSG alhamdulillah aku gak pernah pake karena almh.mamaku juga gak pake.ooo iya2 baking soda ya.okay mbak aku akan belajar.makasih ya mbaaak. loph you dech :) *lebay tapi tulus

    BalasHapus