Rabu, 22 Juni 2011

Pastel Pisang Coklat Keju


Tadinya aku memilih nama 'Pia' pisang tapi karena bentuknya kayak prastel tapi gak kukasih hiasan dipinggarnnya ya sudah pastel pisang aja. Ini resep sederhana kok. Awalnya kupadukan adonan kulit bolen/molen yang dikasih temanku, trus aku modifikasi dengan bahan puff pastry. Hmmm.. enak sih kata teman-teman.Setelah eberapa kali nyoba bikin bolen/molen tapi bentuknya gak memuaskan, aku turuti usulan suami. Bikin betuk yang kayak pia ajah. Hm..jadilah seperti disamping.

 Itu pesanan pertama sahabatku, dr. Annta. Seeneng ternyata dapat pesanan hehe...berasa kayak ikut TV champion, kata maura karena harus bikin 25 Pastel pisang dengan isi dan bentuk yang harus sama dan mencoba rapi. Yah walopun masih ada yag agak coklat tua (bilanga ja gosong2 dikit) hehehe... Ini kue kalo pemanggangannya rata, tanak, bisa awet sepekanan deh dalam kulkas. Oya aku pilih bahan yang kualitas. Pengalaman, pas bikin kulit gak pake mentega Blueband juga rasanya kok beda. Aku bagi resepnya deeh atas permintaan beberapa teman.

Kulit
500 gr Tepung terigu protein tinggi
2kuning telur
200gr margarin
2sdm shortening (mentega putih)
Air es secukupnya
Gula 100gr
garam secukupnya
Maizena 1sdm
Susu bubuk15gr

Isi
Pisang raja suluh yang mateeng ukuran sedang, potong kecil2 atau bundar2 tebal 1,5cm
2sdm margarin
gula bubuk secukupnya
Meises
Coklat masak , potong kecil-kecil
Keju chedar potong kecil2atau tipis-tipis atau parut

Olesan: kuning telur campur denga sedikit garam, Keju parut untuk taburan
Cara Buatnya
1. Campur semua bahan isi kecuali keju dan coklat masak (compound), pisang diiring kasar, ditumis dengan margarin dan kaumanis, taburi gula halus atau meises.
2. Kulit : Campur semua bahan  kulit, aduk hingga kalis, masukkan ke lemari pendingin 15 menit, keluarkan ,gilas, diinginkan lagi 15 menit, gilas-lipat.masukkan dan siap dipakai
3. Ambil adonan isi, tipiskan beri isi, lipat berbentuk pastel, oles dengan bahan oles, taburkan keju, panggang 30-45 menit dengan api sedang (jangan gosong ya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar